Selasa, 28 Mei 2013

BAB III METODOLOGI PENELITIAN (LEarning Management System)

1 comment



BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

3.1     KERANGKA KERJA PENELITIAN
Untuk membantu dalam penyusunan penelitian ini, maka perlu adanya susunan kerangka kerja (frame work) yang jelas tahapan-tahapannya. Kerangka kerja ini merupakan langkah-langkah yang akan dilakukan dalam penyelesaian masalah yang akan dibahas. Adapun kerangka kerja penelitian yang di gunakan seperti terlihat pada gambar 3.1 :                 



Berdasarkan kerangka kerja penelitian yang telah digambarkan di atas, maka dapat diuraikan pembahasan masing-masing tahap dalam penelitian adalah sebagai berikut :
1.      Studi Literatur
Pada tahap ini dilakukan pencarian landasan-landasan teori yang diperoleh dari berbagai buku dan juga internet untuk melengkapi perbendaharaan konsep dan teori, sehingga memiliki landasan dan keilmuan yang baik dan sesuai.
2.      Pengumpulan Data
Pada tahap ini dilakukan proses pengumpulan data dengan metode wawancara dan observasi untuk melakukan pengamatan dan analisa terhadap proses belajar-mengajar yang sedang berjalan pada SMP Unggul Sakti sehingga mendapatkan data dan informasi yang dibutuhkan oleh peneliti.
3.      Analisis Sistem
Pada tahap ini dilakukan identifikasi masalah pada sistem yang sedang berjalan. Dengan demikian, diharapkan peneliti dapat menemukan kendala-kendala dan permasalahan yang terjadi pada proses Belajar-mengajar di SMP Unggul Sakti sehingga peneliti dapat mencari solusi dari permasalahan tersebut.
4.      Pengembangan Sistem
Pada Tahap ini dilakukan Pengembangan sistem dengan menggunakan model waterfall.
5.      Pembuatan Laporan
Pada tahapan ini dilakukan pembuatan laporan yang disusun berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan teknik pengumpulan data primer dan sekunder sehingga menjadi laporan penelitian yang dapat memberikan gambaran secara utuh tentang sistem yang sedang dibangun.

3.2     METODE PENELITIAN
3.2.1  Metode Pengumpulan Data
Metode penelitian merupakan tata cara bagaimana suatu penelitian dilaksanakan, mencakup cara pengumpulan data dan analis data. Jenis-jenis metode penelitian dapat dilihat sebagai berikut :
1.      Penelitian lapangan (Field Research)
Penelitian tersebut dapat dikelompokkan menjadi :
a.       Pengamatan (Observation)
Merupakan proses melakukan pengamatan langsung terhadap objek yang diteliti untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya. Teknik ini hanya digunakan pada pengamatan awal. Dalam hal ini, pengamatan dilakukan pada pihak sekolah SMP Unggul Sakti yang melaksanakan kegiatan belajar dengan sistem yang sudah biasa digunakan saat kegiatan belajar mengajar secara langsung yakni guru langsung berinteraksi dan mengajar kepada siswa di kelas-kelas.
b.      Wawancara (Interview)
Merupakan pengumpulan data dengan cara tanya jawab langsung dengan pihak yang bersangkutan guna memperoleh informasi yang akurat. Adapun narasumber yang akan peneliti wawancara adalah Kepala Sekolah SMP Unggul Sakti sebagai pimpinan di sekolah tersebut.
2.      Penelitian Pustaka (Library Research)
Yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara membaca dan mempelajari literature dengan maksud untuk mendapatkan teori-teori mengenai masalah pokok yang sedang dibahas.

3.2.2  Metode Pengembangan Sistem
Di dalam mengerjakan sebuah penelitian, tentulah sebagai seorang penulis harus menyusun terlebih dahulu langkah-langkah atau tahapan-tahapan pengerjaan yang penulis kerjakan dalam proses Perancangan LMS (Learning Management System) pada SMP Unggul Sakti Jambi. Metode pengembangan sistem mengacu pada model waterfall atau yang sering disebut juga dengan model air terjun. Model ini mengusulkan sebuah pendekatan perangkat lunak yang sistematik dan sekuensial yang dimulai pada tingkat dan kemajuan sistem pada seluruh analisis, desain, kode, pengujian, dan pemeliharaan.



 



 
1.      Sistem Engineerinng
Pada tahap ini, penulis memulai pekerjaan dengan mendefinisikan dan mengumpulkan semua bahan-bahan seperti teori-teori yang di butuhkan  dalam membentuk suatu informasi yang akan digunakan pada tahapan selanjutnya.
2.      Analys
Pada tahap ini dilakukan analisis kebutuhan dari software yang akan dirancang dan dibuat, meliputi analisis fungsi/proses yang dibutuhkan, analisis output, analisis input, dan analisis kebutuhan.
3.      Design
Pada tahap ini, dilakukan perancangan software yang bertujuan untuk memberikan gambaran apa yang seharusnya di kerjakan oleh software dan bagaimana tampilannya, meliputi rancangan output, rancangan input, rancangan struktur data yang digunakan, rancangan struktur software dan rancangan algoritma software. Tahapan ini membantu dalam menspesifikasikan kebutuhan dan arsitektur software secara keseluruhan.


4.      Coding
Pada tahap ini, dilakukan proses coding atau pembuatan software. Pembuatan software dipecah menjadi beberapa modul yang nantinya akan digabungkan dalam tahap berikutnya. Selain itu dalam tahap ini juga dilakukan untuk mengetahui apakah sudah memenuhi fungsi yang diinginkan atau belum.
5.      Testing
Dalam tahap ini dilakukan pengabungan modul-modul yang telah di buat dan dilakukan pengujian atau testing. Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui apakah software yang dibuat telah sesuai dengan desainnya dan apakah masih terdapat kesalahan atau tidak.
6.      Maintenance
Tahap ini merupakan tahapan akhir dalam model waterfall. software yang sudah jadi dijalankan serta dilakukan pemeliharaan (Maintenance). Pemeliharaan ini termasuk memperbaiki kesalahan yang tidak ditemukan pada langkah sebelumnya. Perbaikan Implementasi unit sistem dan peningkatan jasa sistem sebagai kebutuhan baru.

3.3         ALAT BANTU PENELITIAN
Dalam mengerjakan penelitian ini terdapat beberapa alat yang penulis gunakan, antara lain :
1.      Perangkat Keras (Hardware)
Spesifikasi dari Hardware yang digunakan adalah :
a.      1(Satu) Unit komputer dengan sepesifikasi sebagai berikut:
-          Processor : Intel Core I3
-          RAM : 2GB DDR2
-          Harddisk : 320 GB
b.     Flash disk (4GB)
2.      Perangkat Lunak (Software)
a.       Windows 7 Ultimate
b.      Macromedia Dreamweaver 8
c.       Xampp 1.7.3
3.      Pengembangan system
Alat bantu yang di gunakan dalam proses pengembangan sistem adalah sebagai berikut:
a.       Use Case Diagram
b.      Activity Diagram
c.       Class Diagram
d.      Flowchart
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

1 komentar: