Rabu, 30 Oktober 2019

AKSI Bahasa untuk Sekolah

Leave a Comment
AKSI Bahasa untuk Sekolah

Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) terbagi menjadi dua jenis yaitu AKSI untuk sekolah dan AKSI survei. AKSI untuk Sekolah adalah tools yang disediakan oleh Puspendik-Balitbang-Kemdikbud, berupa modul formatif asesmen yang dapat digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa pada topik-topik esensial di pelajaran bahasa, matematika, dan IPA. AKSI Survei adalah program pemetaan capaian pendidikan untuk memantau mutu pendidikan secara nasional/daerah yang menggambarkan pencapaian kemampuan siswa yang dilakukan melalui survei yang sifatnya “longitudinal”.

Disusun AKSI berbasis computer berupa AKSI survey
Kegiatan ini fokus kepada beberapa matapelajaran tertentu khususnya kemampuan literasi dan Scince dengan target ada anak sekolah usia 15tahun.
Model soal sudah dibuat interaktif dengan berbagai variasi.
Sampel siswa dilakukan secara multistage random sampling dengan banyak siswa 1000 orang dari 200 sekolah.
Pengembangan AKSI Sekolah
Kegiatan ini hampir sama dengan AKSI pada tahun 2017, namun dengan ditambah target kepada Sekolah.
Sampel siswa menggunakan metode yang sama dengan jumlah 2000 siswa dari 250 sekolah yang tersebar di seluruh Indonesia
AKSI untuk Sekolah disebarluaskan melalui pemberian bimtek kepada perwakilan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) pada mata pelajaran Matematika, IPA, dan Bahasa Indonesia kabupaten/kota. Melalui perwakilan MGMP ini diharapkan AKSI untuk Sekolah dapat didiseminasikan ke seluruh sekolah yang ada di Indonesia.
 AKSI Bahasa untuk Sekolah

dalam Aplikasi AKSI Bahasa untuk Sekolah Contoh Uji Baca Daring yang bisa di akses di Jambi Belajar ini, awal nya siswa hanya perlu memasukkan nama saja, kemudian klik tombol Mulai
Selanjutnya siswa akan diminta untuk memilih satu tema besar yang ingin di pelajari

Setelah di Klik siswa di arahkan kehalaman yang akan ada pemandu maya (Guru AI) yang akan memandu siswa untuk memilih dan menetukan apa yang akan di lakukan siswa.


pada kolom sebelah kanan akan ada pak budi (guru AI) yang memberikan pengarahan., siswa hanya perlu mengikuti apa yang akan di minta. Nantinya siswa akan di minta mengisi essai sesuai topik, jika pada satu halaman topik yang dibahas sudah selesai maka pak budi (guru AI) akan mengarahkan ke topik selanjutnya. di akhir topik nanti akan muncul Jawaban yang isi siswa dan dapat di bandingkan dengan jawaban yang seharusnya.
Apliaksi Ini sangat bermanfaat, jangan ragu untuk memperkenalkan kepada siswa-siswi bapak ibu.
dalam kesempatan kali ini, aplikasi ini terdapat 2 (dua) peruntukan :
1. AKSI untuk Jenjang SMA  Kelas X yang bisa di Akses di Jambi-belajar.org/aksisma
2. AKSI untuk jenjang SD Kelas 4 yang bisa di Akses di jambi-belajar.org/aksisd
atau jika bapak ibu mau download Versi Portable nya dapat di download di Sini
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 komentar:

Posting Komentar