Prototype desain antarmuka merupakan contoh atau bentuk rancangan
antarmuka sistem yang terlihat oleh user. Secara rinci Dennis dkk (2005; 387) mengungkapkan
“An interface design prototype is a mock
- up or a simulation of a computer screen, form, or report. A prototype is
prepared for each interface in the system to show the users and the programmers
how the system will perform”.
Pendekatan yang
umumnya digunakan adalah sebagai berikut :
a. Storyboard, pendekatan
termudah dimana prototype digambarkan diatas kertas. Storyboard menunjukkan
seperti apa layarnya akan terlihat, bagaimana pergerakannya dari satu layar ke
layar lainnya, yang digambarkan menggunakan tangan
b. HTML Prototype, dibangun menggunakan web page menggunakan HTML. Desainer
menggunakan HTML untuk membuat berbagai halaman web yang menunjukkan bagian - bagian
penting dari sistem. User dapat berinteraksi dengan mengklik tombol dan
menginputkan data (walaupun data tidak bisa diproses karena belum ada sistem
yang dibangun).
c. Language prototype, merupakan jenis
prototype yang dikembangkan menggunakan bahasa atau perangkat yang akan
digunakan untuk membangun sistem menyeluruh. Language prototype dirancang
dengan cara yang sama dengan HTML prototyping.
d. Memilih pendekatan yang sesuai, misalnya kombinasi dari berbagai prototype
pada bagian yang berbeda dari sistem. Storyboarding merupakan teknik tercepat
dan termurah, namun tidak rinci, sedangkan Language prototyping lebih lama dan
lebih rinci, namun paling mahal. HTML prototyping berada diantaranya.
0 komentar:
Posting Komentar