Selasa, 01 November 2016

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (SIMSDM) BAB I

Leave a Comment
BAB I

PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

         
Setiap organisasi baik kecil ataupun besar memerlukan penataan  sumber daya manusia agar organisasinya dapat berjalan secara sistematis dan efisien. Kenyataannya, masih banyak organisasi yang belum mengembangkan sistem manajemen sumber daya manusia yang komprehensif, padahal manajemen sumber daya manusia merupakan sesuatu yang penting dalam organisasi untuk menanggapi dengan baik dan tepat perubahan-perubahan yang terjadi pada lingkungan eksternal organisasi. Daya adaptabilitas organisasi pada perubahan lingkungan eksternal dapat dikembangkan melalui peningkatan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia. Pengembangan sumber daya manusia bermakna perwujudan tanggung jawab sosial suatu organisasi.
istem Informasi Sumber Daya Manusia (SISDM) merupakan sebuah pertemuan antara bidang ilmu manajemen sumber daya manusia (MSDM) dan teknologi informasi. Sistem ini  menggabungkan MSDM sebagai suatu disiplin yang utamanya mengaplikasikan bidang teknologi informasi ke dalam aktivitas-aktivitas MSDM seperti dalam hal perencanaan, dan menyusun sistem pemrosesan data dalam serangkaian langkah-langkah yang terstandarisasi dan terangkum dalam aplikasi perencanaan sumber daya perusahaan. Walaupun demikian, belum semua perusahaan menerapkan sistem ini. Salah satu alasan mereka adalah kurangnya pengetahuan mereka mengenai pembangunan dan pengembangan sistem ini. Oleh karena itu, pembangunan dan pengembangan Sistem Informasi Manajemen Sumber  Daya Manusia penting untuk perusahaan.
PT. XYZ yang bergerak pada bidang pengelolaan sawit memerlukan sumber daya manusia dengan jumlah banyak terutama pada bagian operasional. Untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan perusahaan, maka kemampuan sumber daya manusia perlu dikembangkan secara berkesinambungan guna menghadapi perubahan internal dan eksternal lingkungan perusahaan,  sehingga Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia (SIMSDM) di perlukan oleh PT. XYZ untuk mengelola Sumber Daya Manusia. PT. XYZ selama ini menggunakan Microsoft Word dan Microsoft Exel untuk pengadministrasian, sehingga  kurang baik dalam hal perencanaan, pengaksesan, administrasi, redudansi data dan prosedur pengolahanya. Serta belum adanya suatu variabel yang baku dalam penilaian kinerja, evaluasi dan penentuan karyawan manakah yang akan melakukan pengembangan sumber daya manusia, sehingga terjadi kurangnya bahan pertimbangan untuk manajemen menentukan kebijakan yang komprehensif. Maka pihak manajemen PT. XYZ memandang perlu adanya sistem informasi manajemen guna menyelesaikan kekurangan sistem yang selama ini di terapkan.
1.2 PERUMUSANMASALAH
Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
  1. Bagaimana sistem informasi yang telah di implementasikan oleh PT. XYZ khususnya dalam Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)?
  2. Bagaimana merancang Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia (SIMSDM) pada PT. XYZ untuk menyelesaikan masalah yang terjadi?

1.3 BATASAN MASALAH
Agar dalam penelitian ini mencapai sasaran dan tujuan yang diharapkan, maka permasalahan yang akan dibatasi adalah sebagai berikut :
  1. Penelitian hanya pada bagian sumber daya manusia PT. XYZ.
  2. Pengembangan sistem sesuai dengan kemampuan perusahaan.
  3. Sistem yang di kembangkan antara lain Administrasi, Perencanaan, Rekrutmen, Mutasi, Pelatihan, Presensi, Pemberhentian dan Penilaian Kinerja (khusus karyawan operasional).
  4. Sistem yang di bangun hanya pada tahap analisis dan perancangan.
  5. Untuk memberikan gambaran yang jelas bagaimana sistem akan terlihat oleh pengguna, maka penelitian ini menghasilkan prototype yang dirancang dengan HTML Prototyping.
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 komentar:

Posting Komentar