Minggu, 04 Maret 2012

BAB I. PENDAHULUAN

Leave a Comment
by : Aris Setiawan


1.1              LATAR BELAKANG
Dunia pendidikan telah menjadi kebutuhan primer bagi seluruh manusia, baik itu pendidikan yang didapat dari tempat yang formal maupun nonformal. Pendidikan memegang peranan yang amat penting untuk menjamin kelangsungan hidup negara dan bangsa, karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Arus informasi dan teknologi yang sudah sangat berkembang saat ini  mulai menampakkan peran dan fungsinya di dalam dunia pendidikan dengan didukung peran teknologi yang semakin canggih. Teknologi yang sudah canggih membuat banyak orang membuat suatu inovasi-inovasi khususnya di bidang pendidikan. Penerapan teknologi informasi untuk menunjang proses pendidikan telah menjadi kebutuhan bagi lembaga pendidikan di Indonesia. Pemanfaatan teknologi informasi ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas bagi manajemen pendidikan.
Penerapan teknologi di bidang pendidikan yang saat ini masih terus di kembangkan adalah Learning Managemet System (LMS). LMS atau yang lebih dikenal dengan Learning Management System adalah suatu perangkat lunak atau software untuk keperluan administrasi, dokumentasi, laporan sebuah kegiatan, kegiatan belajar mengajar dan kegiatan secara online, e-learning dan materi-materi pelatihan. LMS juga terintegrasi dengan beberapa modul dasar yang dibutuhkan untuk membantu sebuah lembaga pendidikan dalam penyediaan informasi secara tepat dan akurat. Hasil yang diharapkan dengan penerapan LMS berbasis web adalah adanya efisiensi dan produktivitas di dalam manajemen pendidikan terutama antara sekolah, guru dan murid demi menunjang proses pendidikan.
Peningkatan mutu pendidikan dengan memanfaatkan teknologi informasi telah diterapkan pihak SMA Negeri 3 kota jambi dengan adanya e-learning, dimana kebutuhan e-learning bagi sekolah tersebut sangat penting guna mengajarkan para siswa agar lebih proaktif dalam kegiatan belajar mengajar di dalam maupun diluar jam belajar sekolah dengan memanfaatkan teknologi internet yang saat ini sangat dekat dengan kehidupan siswa sekolah pada umumnya dan siswa SMA Negeri 3 kota Jambi pada khususnya dan status RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional)  yang dimiki oleh pihak SMA Negeri 3 kota Jambi maka adanya sebuah e-learning merupakan sebuah keharusan, hanya saja e-learning yang ada saat ini pada SMA Negeri 3 kota Jambi menggunakan konsep e-learning secara individu karena belum adanya suatu sistem pengelolaan e-learning, dimana konsep e-learning ini hanya melekat pada setiap individu guru, yang menyebabkan tidak adanya suatu standar dalam pengelolaan e-learnig dan akan ada satu alamat website untuk satu guru sehingga menyulitkan siswa dalam pengaksesan e-learning tersebut. Melihat fenomena ini membuat penulis tertarik untuk mengamati, menganalisa dan merancang LMS untuk mengelola dan menstandarkan konsep e-learning untuk kemudian diterapkan di sekolah tersebut. Sesuai dengan latar belakang masalah yang ada maka penulis mengangkat judul ”Perancangan Learning Management System (LMS) Pada SMA Negeri 3 Kota Jambi”.

1.2              PERUMUSAN MASALAH
Sesuai dengan latar belakang masalah yang telah dipaparkan diatas, maka rumusan masalah yang dikaji dalam tugas akhir ini adalah Bagaimana merancang aplikasi Learning Management System (LMS) pada SMA Negeri 3 kota Jambi sebagai media sumber belajar serta media informasi dan komunikasi bagi siswa, guru dan sekolah yang nantinya akan meningkatkan mutu pendidikan pada SMA Negeri 3 kota Jambi.

1.3              BATASAN MASALAH
Agar dalam perancangan dan pembuatan LMS ini dapat mencapai sasaran dan tujuan yang diharapkan, maka permasalahan yang akan dibatasi adalah sebagai berikut :
1.    Fitur-fitur LMS yang diangkat sesuai dengan teori  Ryan K.Ellis, A Field Guide to LMS (2009:2) adalah sebuah sistem LMS yang meliputi :
a. Administrasi, yaitu informasi tentang unit-unit terkait dalam proses belajar mengajar diantaranya silabus, materi dan tugas
b.              Penyampaian materi dan kemudahan akses ke sumber referensi
c.  Penilaian, yaitu hasil dari  evaluasi belajar mengajar.
d. Komunikasi
2.    LMS dikembangkan dengan menggunakan PHP dan MySQL.

1.4              TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN
1.4.1    Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk :
1.   Merancang dan membangun LMS pada SMA Negeri 3 kota Jambi.
2.      LMS yang dirancang bertujuan sebagai media sumber belajar serta media informasi dan komunikasi antara sekolah, guru dan murid.
1.4.2    Manfaat Penelitian
Penelitian ini bermanfaat untuk :
1.      Meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam memanajemen sumber pelajaran.
2.      Mempermudah sekolah, guru dan murid dalam mengakses sumber belajar didalam dan diluar jam pelajaran sekolah.

1.5              SISTEMATIKA PENULISAN
Untuk membahas lebih jelas dan terperinci dalam penulisan ini guna memberikan gambaran terhadap pembaca, maka dengan ini penulis membagi atas beberapa bab yang saling berhubungan satu sama lainnya sesuai ruang lingkup judul. Sistematika penulisannya sebagai berikut :


BAB    I     PENDAHULUAN
Merupakan bab pendahuluan yang menguraikan latar belakang masalah, rumusan masalah, pembatasan masalah, tujuan, manfaat,  dan sistematika penulisan.
BAB  II      LANDASAN TEORI
Berisi tentang teori-teori yang digunakan sebagai landasan dalam penelitian dan pengertian program yang digunakan. Pada bab ini penulis mengutip dan menuangkan ide atau pendapat para pakar yang berhubungan dengan permasalahan yang penulis angkat, dimana mencakup teori yang mereka ungkapkan, dan dari teori inilah penulis berusaha menarik kesimpulan.
BAB  III    METODOLOGI PENELITIAN
Bab ini berisikan tentang metode-metode dalam pelaksanaan kegiatan yang meliputi ruang lingkup penelitian, penelitian dan cara pengambilan data, langkah perancangan dan analisis data.
BAB  IV    PERANCANGAN SISTEM
Menguraikan hasil penelitian yang mencakup semua aspek yang terkait dengan penelitian dan menjelaskan tentang keterkaitan antar faktor-faktor dari data lapangan yang diperoleh dan membahas masalah-masalah yang diajukan. Bab ini juga mengemukakan tentang analisa terhadap system yang sedang berjalan serta sistem yang akan diusulkan oleh penulis  yang terdiri dari Use Case Diagram, Activity Diagram, flowchart dan perancangan program.
BAB  V      IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM
Bab ini menjelaskan kegiatan implementasi dari rancangan menjadi produk jadi (perangkat lunak) dan juga menjelaskan tentang tahapan pengujian yang dilakukan pada setiap bagian perangkat lunak yang dikembangkan.
BAB  VI    PENUTUP
Bab ini merupakan bab yang terakhir dari topik yang dibahas oleh penulis. Dalam bab ini memuat tentang kesimpulan yang diambil penulis dan saran-saran yang sekiranya dapat bermanfaat untuk para pembaca dan untuk SMA Negeri 3 kota Jambi.
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 komentar:

Posting Komentar