1.1
LATAR
BELAKANG
Dunia pendidikan telah menjadi kebutuhan primer bagi seluruh manusia,
baik itu pendidikan yang didapat dari tempat yang formal maupun nonformal.
Pendidikan memegang peranan yang amat penting untuk menjamin kelangsungan hidup
negara dan bangsa, karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan
mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Arus informasi dan teknologi yang
sudah sangat berkembang saat ini mulai
menampakkan peran dan fungsinya di dalam dunia pendidikan dengan didukung peran
teknologi yang semakin canggih. Teknologi yang sudah canggih membuat banyak
orang membuat suatu inovasi-inovasi khususnya di bidang pendidikan. Penerapan
teknologi informasi untuk menunjang proses pendidikan telah menjadi kebutuhan
bagi lembaga pendidikan di Indonesia. Pemanfaatan teknologi informasi ini
sangat dibutuhkan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas bagi manajemen
pendidikan.
Penerapan teknologi di bidang
pendidikan yang saat ini masih terus di kembangkan adalah Learning Managemet System (LMS). LMS atau yang lebih dikenal dengan
Learning Management System adalah suatu perangkat lunak atau
software untuk keperluan
administrasi, dokumentasi, laporan sebuah kegiatan, kegiatan belajar mengajar
dan kegiatan secara online, e-learning dan materi-materi pelatihan.
LMS juga terintegrasi dengan beberapa modul dasar yang dibutuhkan untuk
membantu sebuah lembaga pendidikan dalam penyediaan informasi secara tepat dan
akurat. Hasil yang diharapkan dengan penerapan LMS berbasis web adalah adanya
efisiensi dan produktivitas di dalam manajemen pendidikan terutama antara
sekolah, guru dan murid demi menunjang proses pendidikan.
Peningkatan mutu pendidikan
dengan memanfaatkan teknologi informasi telah diterapkan pihak SMA Negeri 3
kota jambi dengan adanya e-learning, dimana
kebutuhan e-learning bagi sekolah
tersebut sangat penting guna mengajarkan para siswa agar lebih proaktif dalam
kegiatan belajar mengajar di dalam maupun diluar jam belajar sekolah dengan
memanfaatkan teknologi internet yang saat ini sangat dekat dengan kehidupan
siswa sekolah pada umumnya dan siswa SMA Negeri 3 kota Jambi pada khususnya dan
status RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) yang dimiki oleh pihak SMA Negeri 3 kota Jambi
maka adanya sebuah e-learning
merupakan sebuah keharusan, hanya saja e-learning
yang ada saat ini pada SMA Negeri 3 kota Jambi menggunakan konsep e-learning secara individu karena belum
adanya suatu sistem pengelolaan e-learning, dimana konsep e-learning ini hanya melekat pada setiap individu guru, yang menyebabkan
tidak adanya suatu standar dalam pengelolaan e-learnig dan akan ada satu alamat website untuk satu guru sehingga
menyulitkan siswa dalam pengaksesan e-learning
tersebut. Melihat fenomena ini membuat penulis tertarik untuk mengamati,
menganalisa dan merancang LMS untuk mengelola dan menstandarkan konsep e-learning untuk kemudian diterapkan di
sekolah tersebut. Sesuai dengan latar belakang masalah yang ada maka penulis
mengangkat judul ”Perancangan Learning Management System (LMS) Pada SMA
Negeri 3 Kota Jambi”.
1.2
PERUMUSAN
MASALAH
Sesuai dengan latar belakang
masalah yang telah dipaparkan diatas, maka rumusan masalah yang dikaji dalam tugas akhir ini adalah Bagaimana merancang aplikasi Learning Management System (LMS) pada SMA
Negeri 3 kota Jambi sebagai media sumber belajar serta media informasi dan
komunikasi bagi siswa, guru dan sekolah yang nantinya akan meningkatkan mutu
pendidikan pada SMA Negeri 3 kota Jambi.
1.3
BATASAN MASALAH
Agar dalam perancangan dan pembuatan
LMS ini dapat mencapai sasaran dan tujuan yang diharapkan, maka permasalahan
yang akan dibatasi adalah sebagai berikut :
1. Fitur-fitur LMS yang diangkat sesuai
dengan teori Ryan K.Ellis, A Field Guide to LMS (2009:2) adalah
sebuah sistem LMS yang meliputi :
a. Administrasi, yaitu informasi
tentang unit-unit terkait dalam proses belajar mengajar diantaranya silabus,
materi dan tugas
b. Penyampaian materi dan kemudahan akses ke
sumber referensi
c. Penilaian, yaitu hasil dari evaluasi belajar mengajar.
d. Komunikasi
2. LMS dikembangkan dengan
menggunakan PHP dan MySQL.
1.4
TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN
1.4.1 Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk
:
1. Merancang
dan membangun LMS pada SMA Negeri 3 kota Jambi.
2. LMS yang dirancang bertujuan sebagai media
sumber belajar serta media informasi dan komunikasi antara sekolah, guru dan
murid.
1.4.2 Manfaat Penelitian
Penelitian ini bermanfaat
untuk :
1. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam
memanajemen sumber pelajaran.
2. Mempermudah sekolah, guru dan murid dalam mengakses
sumber belajar didalam dan diluar jam pelajaran sekolah.
1.5
SISTEMATIKA PENULISAN
Untuk membahas lebih jelas dan
terperinci dalam penulisan ini guna memberikan gambaran terhadap pembaca, maka
dengan ini penulis membagi atas beberapa bab yang saling berhubungan
satu sama lainnya sesuai ruang lingkup judul. Sistematika penulisannya sebagai
berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Merupakan bab pendahuluan yang menguraikan latar belakang masalah,
rumusan masalah, pembatasan masalah, tujuan, manfaat, dan
sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN
TEORI
Berisi tentang teori-teori
yang digunakan sebagai landasan dalam penelitian dan pengertian program yang
digunakan. Pada bab ini penulis mengutip dan menuangkan ide atau pendapat para
pakar yang berhubungan dengan permasalahan yang penulis angkat, dimana mencakup
teori yang mereka ungkapkan, dan dari teori inilah penulis berusaha menarik
kesimpulan.
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
Bab ini berisikan
tentang metode-metode dalam pelaksanaan kegiatan yang meliputi ruang lingkup
penelitian, penelitian dan cara pengambilan data, langkah perancangan dan
analisis data.
BAB IV PERANCANGAN SISTEM
Menguraikan hasil penelitian yang mencakup semua aspek yang terkait
dengan penelitian dan menjelaskan tentang keterkaitan antar faktor-faktor dari
data lapangan yang diperoleh dan membahas masalah-masalah yang diajukan. Bab
ini juga mengemukakan tentang analisa terhadap system yang sedang berjalan
serta sistem yang akan diusulkan oleh penulis
yang terdiri dari Use Case Diagram, Activity Diagram,
flowchart dan perancangan program.
BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM
Bab ini menjelaskan kegiatan implementasi dari rancangan menjadi produk
jadi (perangkat lunak) dan juga menjelaskan tentang tahapan pengujian yang
dilakukan pada setiap bagian perangkat lunak yang dikembangkan.
BAB VI PENUTUP
Bab ini merupakan bab yang terakhir dari topik yang dibahas oleh penulis. Dalam bab ini memuat
tentang kesimpulan yang diambil penulis dan saran-saran yang sekiranya dapat
bermanfaat untuk para pembaca dan untuk SMA Negeri 3 kota Jambi.
0 komentar:
Posting Komentar